Indonesia-Iran Tandatangani 11 Komitmen Transparansi dan Anti-Israel

Ketua Parlemen Indonesia, Marzuki Alie dam Ketua Parlemen Republik Islam Iran, Ali Larijani menyepakati statemen bersama yang berisi 11 butir.

Butir Pertama menyebutkan, Parlemen Indonesia dan Iran menekankan hubungan parlemen dengan masyarakat dan menganggapnya sebagai bagian penting dalam mengokohkan hubungan pemerintah kedua negara.

Butir Kedua: Ketua kedua parlemen menegaskan pentingnya peran tim-tim persahabatan di tingkat parlemen dan menekankan berlanjutnya hubungan dan pertukaran tim-tim persahabatan yang dibentuk kedua negara.

Butir Ketiga: Kedua parlemen menekankan pentingnya menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam berbagai bidang. Terlebih dengan mempertimbangkan bahwa parlemen dapat berperan penting dalam menjamin aspek hukum guna mempermudah perundingan-perundingan di tingkat parlemen.

Butir Keempat: Kedua negara berupaya meningkatkan kerjasama parlemen yang dijelaskan dalam butir ketiga atas pertukaran perdagangan parlemen, kemampuan yang berhubungan dengan manajemen parlemen, proses legislatif, pembaharuan undang-undang melalui sidang-sidang pakar yang dilakukan secara teratur.

Butir Kelima: Ketua DPR Indonesia menyambut baik kesiapan parlemen Iran untuk menggunakan hasil-hasil riset parlemen dan segala hal yang bersangkutan.

Butir Keenam: Ketua parlemen kedua negara menekankan hak seluruh anggota Traktat Non Proliferasi Nuklir (NPT) tanpa diskriminasi dalam riset, produksi dan penggunaan tenaga nuklir untuk kepentingan sipil.

Butir Ketujuh: Mengingat pentingnya masalah Palestina, parlemen kedua negara mengecam brutalitas-brutalitas Rezim Zionis Israel di Palestina, dan berlanjutnya pembangunan permukiman ilegal Yahudi, di Tepi Barat dan timur Yerusalem.

Butir Kedelapan: Ketua parlemen kedua negara menuntut masyarakat internasional supaya menekan Rezim Zionis Israel untuk mengakhiri kebijakannya terkait pembangunan ilegal di Palestina dan pelanggaran hak-hak asasi manusia internasional seperti pelanggaran Konvensi Jeneva 1949, dan pelanggaran seluruh resolusi internasional seperti Resolusi 446 DK PBB tahun 1949 yang menjelaskan status ilegal kebijakan Israel terkait pembangunan permukiman di Palestina pendudukan, serta pelanggaran prinsip-prinsip Timur Tengah yang dijelaskan dalam Resolusi PBB 242 tahun 1967 dan Resolusi 388 tahun 1973.

Butir Kesembilan: Ketua Parlemen kedua negara menekankan pentingnya resolusi Forum Konferensi Parlemen Asia atau Asian Parliamentary Assembly (APA) terkait pelanggaran hak-hak asasi manusia internasional di Palestina dan kejahatan perang Zionis Israel di Gaza yang ditetapkan pada tahun 2009 di majelis umum organisasi ini.

Butir ini menunjukkan kegelisahan semua angggota APA yang menuntut Zionis Israel supaya keluar dari kawasan Palestina pendudukan seperti Baitul Maqdis, Jalur Gaza, Tepi Barat Sungai Jordan, Dataran Tinggi Golan dan Sheba. Selain itu, butir ini juga mencerminkan bahwa mereka menuntut Israel supaya mengeluarkan semua tahanan Palestina, termasuk para anggota parlemen Palestina yang ditahan, menghentikan pembangunan permukiman, tembok pemisah, pos-pos pemerriksaan di kawasan pendudukan, serta mengakhiri kebijakan radikal dan kepemilikan ilegal.

Lebih dari itu, APA akan mengeluarkan resolusi baru yang mendorong PBB supaya bersikap tegas pada semua pelanggaran Zionis Israel.

Butir Kesepuluh: Ketua parlemen kedua negara sangat mengecam tindakan brutal pasukan Zionis Israel terhadap kapal laut pengangkut kemanusiaan pada tanggal 31 Mei dini hari, dan menuntut PBB supaya membentuk komite independen untuk mengumpulkan data dan bukti terkait serangan ini dan mengadili Rezim Zionis Israel di pengadilan internasional.

Butir Kesebelas: Ketua kedua parlemen juga menekankan pentingnya persatuan dan solidaritas dunia Islam dan meminta dunia Islam supaya mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk mengokohkan hubungan langsung dengan ummat Islam.

Sumber : disini

Categories: Hubungan Internasional | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: