Chomsky: Amerika Tidak Ingin Perang dengan Iran!

Noam Chomsky, pakar linguistik Amerika mengatakan, “Militer dan Dinas Rahasia Amerika tidak menginginkan perang dengan Iran. Karena resikonya terlalu besar dan akan membahayakan kepentingan Amerika.” Demikian dikutip IRNA dari surat kabar Lebanon as-Safir.

Menyinggung upaya serangan Iran bukan hal yang mudah Chomsky mengatakan, “Iran hanya akan melakukan kerjasama dengan Amerika di Irak dan Afghanistan dalam kerangka kepentingan negaranya dan regional. Bila tidak ada maslahat dan kepentingan Iran dalam masalah ini, tentu saja Iran tidak akan bekerjasama dengan Amerika.”

Terkait isu nuklir Iran, Chomsky menjelaskan, “Apa yang terjadi di sekarang ini patut direnungkan. Karena Amerika mengkhawatirkan kerjasama Brazil dan Turki. Amerika berusaha keras untuk mencegah terciptanya kerjasama tersebut. Untuk itu, Amerika menggulirkan kembali isu draft resolusi untuk Dewan Keamanan PBB sambil mengajak Rusia dan Cina. Penerapan permainan ala-mafia yang dilakukan Amerika ingin memperingatkan seluruh dunia bahwa merekalah pengatur dunia.”

“Sejatinya Amerika telah terperosok dalam kisaran air. Karena dengan mencermati implementasi larangan penyebaran senjata nuklir di dunia yang bahkan disepakati oleh negara-negara Afrika beberapa bulan lalu, Amerika ternyata belum menyetujuinya. Karena Amerika memiliki pangkalan militer di pulau Diego Garcia yang dijadikan sebagai tempat penampungan senjata-senjata nuklir Amerika. Akhirnya, Amerika bersikeras untuk tidak menerapkan kesepakatan itu di kawasan,’ lanjut Chomsky.

Menurut Chomsky, “Pendudukan Irak oleh Amerika berarti penguasaan Amerika atas sumur-sumur minyak Irak dan kini Amerika terpaksa harus meninggalkan negara ini. Realitanya, Amerika kalah di Irak dan kini berusaha mencegah pelaksanaan pemilu yang demokratis di sana. Ini berarti kemenangan bagi Iran. Ribuan rakyat Irak turun ke jalan-jalan menggelar demonstrasi hanya dengan fatwa Ayatullah al-Udzma Sayyid Ali Sistani dan secara perlahan-lahan Amerika mulai harus mencari jalan keluar dari Irak.”

Sumber: di sini

Categories: Hubungan Internasional | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: