Hasan Nasrallah

Hassan Nasrallah (lahir pada 31 Agustus 1960 di Beirut) adalah seorang politikus Lebanon. Ia adalah sekretaris jenderal partai Hizbullah saat ini. Di bawah kepemimpinan Nasrallah, Hizbullah (Hezbollah) mampu mematahkan serangan Israel, sesuatu yang selama ini nyaris tak dapat dilakukan oleh bangsa-bangsa Arab. Dengan gebrakan Nasrallah, kaum muslim bersatu, tanpa meributkan lagi soal sekat mazhab Sunni-Syiah. Di Indonesia, dia akan berdialog dengan Dr. Said Agil Siradj dan Prof. Amien Rais.

Hizbullah tidak bisa dilepaskan dari sosok kharismatik, Sheikh Sayyed Hassan Nasrallah . Ia adalah pemimpin gerakan perlawanan Hizbullah di Lebanon. Nasrallah dilahirkan di kawasan Bourji Hammoud, sebelah timur Beirut. Pada 1975, ketika meletup perang sipil di Lebanon, keluarga Nasrallah terpaksa menyingkir ke Desa Bassouriyeh, Lebanon selatan.

Di situlah Nasrallah, yang baru berusia 15 tahun, mulai berkenalan dengan Gerakan Amal, sebuah kelompok politik Syiah di Lebanon. Di usia yang masih belia, Nasrallah pindah ke Najaf, Irak, untuk memperdalam Al Quran ke sebuah pesantren Syiah. Pada 1978, Nasrallah merampungkan tingkat pertama studinya di Pesantren Hawza.

Tetapi, studinya terganggu ketika ia dipaksa pulang ke Lebanon oleh pemerintah Irak. Di Lebanon, Nasrallah melanjutkan studi ke sekolah milik pemimpin Amal, Sheikh Abbas al-Musawi. Di situlah ia mulai berkenalan dengan politik. Pada invasi Israel tahun 1982 ke Lebanon, Nasrallah bergabung dengan Hizbullah untuk melancarkan perlawanan anti Israel. Nasrallah, yang dianugerahi tiga anak dari perkawinannya dengan Fatima Yassin dari Desa Al Abbasiyye, selanjutnya membaktikan diri dalam gerakan perlawanan anti Israel.

Hadi, putra sulungnya, tewas dibunuh tentara Israel saat masih berusia 18 tahun. Nasrallah, yang hobi membaca buku itu, akhirnya menjadi pemimpin Hizbullah setelah Israel membunuh pemimpin Hizbullah, Sheikh Mussawi tahun 1992. Nasrallah, tokoh kharismatik yang paling diperhitungkan dalam gerakan perlawanan Israel di seantero Timur Tengah itu, sangat gemar membaca buku otobiografi para tokoh.

Biografi yang sudah dibacanya termasuk “Memoirs of Sharon” dan “A Place Under The Sun” sebuah biografi Benjamin Netanyahu. Di bawah kepemimpinan Nasrallah, Hizbullah berhasil meraih kemenangan dalam negosiasi pertukaran tahanan dengan Israel pada tahun 2004.

Hizbullah, atau Partai Allah, adalah gerakan bersenjata Islam Syiah di Lebanon. Hizbullah juga merupakan partai politik. Banyak pihak menuding, Hizbullah adalah organisasi teroris. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang membantah tudingan ini. Hizbullah, yang didirikan tahun 1982, dibentuk untuk berjuang melawan pendudukan Israel di Lebanon selatan.

Pendudukan ini berakhir tahun 2000. Pembentukan Hizbullah terinspirasi kesuksesan Revolusi Islam di Iran. Sejak dibentuk, aktivitas utama Hisbullah adalah melancarkan perlawanan atas pendudukan Israel menyusul pecahnya Perang Lebanon tahun 1982.

Pos terluar Hizbullah berada di dekat perbatasan Israel. Pos dibangun setelah penarikan Israel dari Lebanon selatan. Pada 25 Mei 2000, Israel menarik diri dari Lebanon ke perbatasan Israel yang disetujui PBB. Penarikan Israel dari Lebanon dinilai PBB telah sepenuhnya rampung.

Namun, Lebanon dan Suriah mengklaim bahwa Shebaa Farms, areal seluas 35 kilometer persegi yang masih diduduki Israel, merupakan teritorial Lebanon. Atas dasar itulah, Hizbullah hingga kini masih terus melancarkan perlawanan terhadap pasukan Israel di wilayah itu. Shebaa Farms sendiri diakui PBB sebagai bagian dari Dataran Tinggi Golan, yakni wilayah Suriah yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari tahun 1967 hingga kini. Maka, menurut PBB, Shebaa Farms adalah wilayah teritorial Suriah.

Dalam perang Arab-Israel tahun 1967, Israel merebut Golan dari Suriah. Israel lalu menganeksasi dataran tinggi tersebut pada 1981. Di tengah memanasnya krisis Lebanon, Tel Aviv beberapa kali menegaskan bahwa Israel tidak berencana menyerang Suriah atau pun Iran. Tetapi invasi militer Israel dikhawatirkan sejumlah kalangan bakal meluas ke dua negara tersebut. Pasalnya, Suriah dan Iran selama ini dituding sebagai pendukung gerilyawan Hizbullah.

Program Sosial

Hizbullah dibentuk para pengikut Ayatollah Khomeini pada awal era 1980-an untuk menyebarkan revolusi Syiah. Mereka menganut ideologi Islam Syiah yang dikembangkan oleh Ayatollah Rohullah Khomeini, pemimpin Revolusi Islam di Iran. Selain, punya sayap politik dan bersenjata, Hizbullah juga mengembangkan program pembangunan sosial secara besar-besaran di Lebanon. Sayap sosial organisasi ini membuka sejumlah rumah sakit, media massa, serta fasilitas pendidikan.

Sebelum meletupnya krisis Lebanon, 12 Juli lalu, Hizbullah mengoperasikan sedikitnya empat rumah sakit, 12 klinik, 12 sekolah, dan dua pusat pertanian. Hizbullah juga punya Departemen Lingkungan Hidup dan program bantuan sosial. Biaya layanan medis RS milik Hizbullah terbilang lebih murah ketimbang RS swasta di Lebanon. Bahkan, anggota Hizbullah dibebaskan dari biaya perawatan.

Di seantero dunia Arab dan Muslim, Hizbullah diakui sebagai gerakan perlawanan yang sah. Bahkan, di mata pemerintah Lebanon, Hizbullah adalah gerakan perlawanan yang sah melawan aksi pendudukan Israel. Sebanyak 74 persen Kristen Lebanon memandang Hizbullah adalah organisasi perlawanan. Emile Lahoud, Presiden Lebanon dari Kristen Maronite pernah mengungkapkan hal itu.

“Bagi kami rakyat Lebanon, Hizbullah adalah gerakan perlawanan nasional. Tanpa Hizbullah, kami tidak akan pernah bisa memerdekakan diri dari pendudukan (Israel). Karena itu pula, kami sangat menghargai dan menjunjung tinggi gerakan Hizbullah,” kata Lahoud. Tetapi, pandangan semacam ini tidak berlaku bagi kalangan Kristen Evangelis.

ketika mata dan hati tidak menilai pada kesamaan penilaian maka kemunafikan itu lahir namun apakah gerakan kelompok yang dipimpin Hasan Nasrallah ini hanya mengangkat senjata?salah besar bila kita hanya melihat dari itu saja karena Hizbullah berdiri dengan didasari kemanusiaan yang tinggi banyak sekali kegiatan-kegiatan mereka terhadap sesama dan tanpa membawa atau mempromosikan kelompok mereka,karena yang mereka lakukan adalah demi rasa kemanusiaan apa yang dapat mereka lakukan dan berupaya membantu yang membutuhkan.

“Sebaik-baiknya perlawanan terhadap kezaliman adalah berkhidmat terhadap masyarakat”

(Ayatullah Ali Khamenei)

“Sekalipun telah dikenal sebagai tokoh dunia, Sayyid Hasan Nasrallah tetap menganggap dirinya sebagai salah satu tentara Sayyid Ali Khamane’i.”

Categories: TOKOH | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: