Tangan Berdarah Saudi Arabia di Yaman

Para pejabat Arab Saudi untuk pertama kalinya mengakui keterlibatan jet-jet tempur negara ini dalam serangan terhadap warga Syiah Yaman. Sebelumnya, kelompok al-Hauthi berulang kali menegaskan dukungan Riyadh terhadap militer pemerintah Yaman menyerang wilayah utara negara ini, meski pemerintah Yaman dan Arab Saudi berulang kali membantahnya. Namun kini, tidak diragukan lagi pengakuan para pejabat Arab Saudi mengenai kerjasama dengan pemerintah Sanaa dalam menumpas warga Syiah membuktikan bahwa kelanjutan perang di wilayah utara Yaman diakibatkan intervensi pihak asing.
Laporan terbaru mengenai bentrokan di wilayah utara Yaman menyebutkan bahwa Arab Saudi membombardir wilayah permukiman Syiah di negara ini dengan menggunakan jet Tornado dan F15. Selain itu, terjadi bentrokan antara kelompok al-Hauthi dan penjaga perbatasan Arab Saudi di wilayah perbatasan Yaman-Arab Saudi. Saat ini kondisi di wilayah perbatasan kedua negara dilaporkan tidak aman. Berbagai fakta tersebut membuktikan kian meluasnya perang di wilayah utara Yaman terutama di Provinsi Saada serta Amran, dan dikhawatirkan dampak buruk perang ini makin meluas.

Sejatinya, Arab Saudi secara terang-terangan melanggar kedaulatan Yaman. Riyadh senantiasa mengkhawatirkan keberadaan Sanaa yang stabil. Sejak wilayah utara dan selatan Yaman bersatu pada tahun 1990, Riyadh tidak pernah menyembunyikan ketidakpuasaannya terhadap peristiwa penting tersebut. Kini, Arab Saudi dalam kerangka kerjasama keamanan Riyadh-Sanaa, sudah melangkah di jalan yang berbuah makin panjangnya perang saudara di Yaman.

Para analis politik menilai kelanjutan perang di Yaman menjadi tumor ganas bagi Republik Yaman bersatu. Karena, bersamaan dengan dimulainya perang di utara Yaman, ide disintegrasi di selatan negara ini juga kembali mengemuka. Fakta-takta tersebut membuktikan tujuan terselubung Arab Saudi mengintervensi urusan dalam negeri Yaman.

Saat ini, juru bicara kelompok al-Hauthi mendesak rakyat dan pemerintah Yaman bersinegri untuk mengecam segala bentuk intervensi asing terkait aksi serangan Arab Saudi dan pelanggaran wilayah Yaman yang dilakukan Riyadh. [islammuhammadi/mt/iribnews]

Categories: Arsip Impor | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: